Detail Cantuman Kembali

XML

50 Tahuh Perjalanan Perencanaan Wilayah Dan Kota Di indonesia


50th Perencanaan Kota di Indonesia
Singkat cerita, saya baru saja membeli sebuah buku. Walaupun saya termasuk kategori orang yang jarang membeli buku, judul buku ini membuat saya tergelitik untuk akhirnya membuka dompet dan membelinya, lagipula harga diskon juga. Judulnya, "Menarik Pelajaran dari 50 Tahun Perjalanan Perencanaan Wilayah dan Kota di Indonesia", diterbitkan oleh Penerbit ITB, 2011.
Minimnya buku tentang perencanaan kota yang ditulis dan diterbitkan Indonesia membuat buku ini jadi penting dan menarik. Seperti harapan saya, buku ini dengan epic menjelaskan dan memetakan tentang Indonesia dan segala permasalahan tata ruangnya. Dibagi kedalam beberapa bab yang antara lain Permasalahan Perencanaan di Indonesia, Tantangan Pembangunan Wilayah dan Kota di Indonesia, serta Pendekatan dan Teknik Perencanaan untuk Indonesia, para penulis yang hampir seluruhnya adalah pengajar di Planologi ITB menjelaskan seluk beluk dunia perencanaan dengan cita rasa dan kasus yang relevan dengan Indonesia.
Isinya kebanyakan diambil dari hasil riset dan project yang dilakukan oleh Tim dari Planologi ITB baik pengajar atau memang peneliti. Tidak dapat disangkal bahwa Planologi ITB jauh lebih tua daripada Planologi lainnya di Indonesia termasuk PWK UGM, dan kontribusinya terhadap dunia perencanaan wilayah dan kota di Indonesia pun juga tidak sedikit. Buku ini dapat dinilai sebagai salah satu upaya kecil untuk membuat Indonesia "melek" terhadap dunia perencanaan. Semoga upaya-upaya kecil seperti ini dapat terus dilanjutkan oleh yang lain, dan Better Future of Indonesia yang jadi harapan kita bersama tidak lama lagi akan terwujud
ITB Press
cet 1
01.08.001580
978-602-9056-04-4
711.598 GUN m
Text
Indonesia
ITB press
2011
Bandung
vi, 393.; ilus.; 25 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...