Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH NET PROFIT MARGIN, RETURN ON ASSET, DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP HARGA SAHAM (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode 2016-2020)


ABSTRAK
Salah satu instrumen pasar keuangan yang paling dikenal oleh masyarakat adalah saham. Harga saham adalah harga perlembar saham yang berlaku di pasar modal. Harga saham merupakan faktor yang sangat penting dan harus diperhatikan oleh investor dalam melakukan investasi karena harga saham menunjukkan prestasi emiten. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis apakah net profit margin (NPM), return on asset (ROA) dan return on equity (ROE) berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2016-2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan metode verifikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa NPM berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap harga saham perusahaan. Hal tersebut disebabkan karena NPM
tidak mewakili keseluruhan komponen perusahaan dalam pencapaian laba melainkan hanya dari penjualannya. ROA berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham perusahaan. Hal ini dikarenakan perusahaan yang mengalami penjualan secara signifikan akan mendorong terjadinya peningkatan laba yang menunjukkan operasional yang baik dan ROE berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham perusahaan. ROE merupakan salah satu indikator dalam mengukur keefisienan manajemen perusahaan dalam mengelola sumber dana yang ada untuk menghasilkan laba. Kata Kunci: Net Profit Margin, Return on Asset, Return on Equity.
STIE STAN - IM
Skripsi/S1/AK/44/PAR/2021
NONE
Text
Indonesia
STIE STAN- IM
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...