Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Kebiijakan Publik Konsep Dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik


Dr. Joko Widodo, M.S. dosen Fakutas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNTAG Surabaya menerbitkan buku dengan judul “Analisis Kebijakan Publik : Konsep dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik” yang diterbitkan oleh Bayu Media Publishing, Malang. Buku tersebut telah dicetak sebanyak 9 kali sejak tahun 2007-2013. Buku ini membahas analisis kebijakan publik secara kritis, gamblang, dan mudah dipahami karena tidak sekedar disuguhkan teori dan konsep tetapi juga aplikasinya.

Salah satu esensi kehadiran kebijakan publik adalah memecahkan masalah yang berkembang di masyarakat secara benar. Meskipun demikian, kegagalan sering terjadi karena kita memecahkan masalah secara tidak benar. Analisis kebijakan publik merupakan upaya untuk mencegah kegagalan dalam pemecahan masalah melalui kebijakan publik. Oleh karena itu, kehadiran analisis kebijakan berada pada setiap tahapan dalam proses kebijakan publik.

Buku Joko Widodo ini membahas analisis kebijakan publik secara kritis, gamblang, dan mudah dipahami karena dalam menganalisis setiap tahapan proses kebijakan publik tidak sekedar disuguhkan teori dan konsep tetapi juga aplikasinya. Dengan demikian, buku ini tidak saja sangat baik dijadikan wacana bagi pembuat kebijakan, tetapi juga bagi pelaku dan stakeholder kebijakan publik. Bahkan sangat baik pula bagi mahasiswa, pemerhati kebijakan publik, dan khalayak sebagai kelompok sasaran kebijakan publik.Penyusunan buku karya Joko Widodo ini pada awalnya hanya sebagai wacana tambahan bagi peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Ditkatpim) Tingkar II pada Badan Diklat Provinsi Jawa Timur. Berdasarkan pengamatan refleksi pengalaman sebagai Widyaswara Luar Biasa atau sebagai mitra belajar pada mata kajian kebijakan publik selama ini, Joko Widodo merasakan perlunya wacana tambahan bagi peserta Diklatpim Tingkat II dalam memahami dan mengaplikasikan teori, konsep, dan aplikasi kebijakan publik, terutama dalam melakukan analisis kebijakan pada setiap tahapan proses kebijakan publik maka akhirnya buku ini diterbitkan.
Substansi buku ini sengaja disusun dalam bentuk yang sangat sederhana, tetapi sudah cukup memaparkan teori, konsep, dan contoh aplikasi analisis kebijakan pada setiap tahapan proses kebijakan publik. Oleh karena itu, buku ini sangat mudah dicerna dan dipahami substansinya Tambahnya, “ Kritik dan saran demi kesempurnaan substansi buku ini sangat diharapkan. Mudah-mudahan buku ini bermanfaat bagi saya sendiri khususnya dan para mahasiswa, pemerhati, dan praktisi (birokrat dan politisi) serta para pembaca umumnya.
Bayumedia Publishing
Dr. Joko Widodo, M.S. - Personal Name
cet 1
01.10.03026
978-979-3695-78-5
NONE
Text
Indonesia
Bayumedia Publishing
2007
Malang
v+186 hal ;20 cm
LOADING LIST...
LOADING LIST...